Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pada tanggal 12 November 2022, Iqra Library kedatangan kunjungan Studi tiru dari SD Monggang Sewon. Kunjungan ini dalam Belajar Perpustakaan yang Modern. Sebagai persiapan untuk melaksanakan akreditasi perpustakaan. Peserta kunjungan terdiri atas 22 peserta yang terdiri dari kepala sekolah, guru, karyawan dan pustakawan SD Monggang. Kegiatan ini di pimpin oleh MC bapak Triyanto S.Pd. dengan dimulai dengan pembukaan, tampilan bertutur oleh Ananda Afiqah Dzakira Althafunnisa, Prakata oleh Kepala Sekolah SD Monggang Ibu Susanti Wahyuningsih, M.Pd.,  Sambutan oleh Kepala Sekolah SD Unggulan Aisyiyah Bantul Bapak Suwardi, M.Pd. , pemaparan materi, tanya jawab dan penutup.

Kepala Sekolah SD Unggulan Aisyiyah Bantul Bapak Suwardi, M.Pd. memaparkan terkait sejarah berdirinya Iqra Library dari awal hingga dapat berdiri seperti saat ini hingga berhasil mendapat Akreditasi Perpustakaan dengan nilai Akreditasi “A”. Kegiatan berlangsung serius tapi santai. Ada beberapa pernyataan kesan dan pertanyaan yang di ajukan oleh peserta. Diantaranya berapa lama waktu untuk menyiapkan perpustakaan sehingga siap untuk akreditasi, berapa jumlah pustakawan, tentang sirkulasi buku di layanan outdoor Iqra Library, hingga bagaimana kiat agar siswa semangat untuk datang ke perpustkaan setiap jam istirahat.

Untuk lama waktu menyiapkan perpustakaan sehingga siap untuk Akreditasi Iqra Library membutuhkan waktu lebih kurang selama 1 tahun. Hal ini tergantung pada konsistensi dan konsentrasi sekolah untuk menyiapkan akreditasi dengan maximal di dukung dengan pendanaan dan pembangunan fasilitas perpustakaan. Untuk jumlah pustakawan di Iqra Library sebanyak 5 pustakawan, 1 kepala perpustakaan dan 4 tenaga perpustakaan. Sedangkan yang stay di perpustakaan ada 2 pustakawan, pustakawan yang lain adalah guru dengan tugas tambahan sebagai pustakawan.

Sedangkan Sirkulasi di layanan Halte Literasi, Taman Literasi, Angkringan literasi memiliki koleksi hanya untuk baca ditempat. Untuk peminjaman buku hanya di layani di layanan sirkulasi di gedung utama Iqra Library. Buku yang ada di layanan Halte Literasi, Taman Literasi, Angkringan literasi  di ganti secara berkala. Menanggapi pertanyaan tentang kiat agar siswa bersemangat ke Perpustakaan ada tips yang bisa di lakukan:

  1. Menciptakan ruang perpustakaan yang nyaman dan menyenangkan
  2. Lengkapi dengan permainan yang edukatif dan menarik
  3. Menambah koleksi bacaan yang di minati siswa misalnya komik
  4. Memutar video melalui CD player/ memutar streaming youtube saat istirahat
  5. Promosi melalui katalog buku baru

Diakhir kunjungan peserta di ajak tour keliling gedung SD Unggulan Aisyiyah Bantul sekaligus melihat layanan-layanan outdoor Iqra Library seperti Halte Literasi, Taman Literasi, Angkringan literasi.

Leave a Reply

Jalan Wakhid Hasyim No. 60
Sanggrahan Ringinharjo Bantul
Yogyakarta 55713

Visitor Counter

Login

Iqra Library SD Unggulan Aisyiyah Bantul © 2022. All rights reserved.