Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

 

Akreditasi merupakan pengakuan oleh badan yang berwenang terhadap suatu lembaga pendidikan setelah dilakukannya penilaian yang menunjukkan bahwa lembaga tersebut telah memenuhi kriteria kebakuan. Lembaga yang dimaksud termasuk perpustakaan sekolah. Teknis penilaian akreditasi perpustakaan di tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Tahun ini teknis penilaian akreditasi perpustakaan dibagi menjadi 3 yaitu reguler, relaksasi, dan portofolio dan berlangsung dari tanggal 24-26 November 2021. Sebanyak 12 sekolah di Kabupaten Bantul mengikuti penilaian akreditasi perpustakaan tahun ini. 10 sekolah dinilai berdasarkan portofolio yang sudah dikirim ke Perpustakaan Nasional RI sedangkan 2 sekolah yaitu Iqra Library SD Unggulan Aisyiyah Bantul bersama Perpustakaan Widya Pustaka SMP N 3 Bantul diberi amanah mewakili Kabupaten Bantul untuk dinilai secara langsung oleh tim asesor dari Perpustakaan Nasional RI di kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah DIY pada tanggal 24 November 2021.

Hari pertama visitasi alhamdulillah berjalan lancar, dimulai dari presentasi profil Iqra Library dilanjut dengan pemaparan 6 komponen penilaian meliputi komponen koleksi, sarana dan prasarana, pelayanan, ketenagaaan, pengelolaan dan penyelenggaran perpustakaan, serta komponen penguat kinerja. Setelah itu dilanjut dengan tanya jawab terkait 6 komponen yang telah dipresentasikan.

Kegiatan penilaian lanjut di hari Kamis, tanggal 25 November 2021. Tim asesor melakukan visitasi langsung di Iqra Library SD Unggulan Aisyiyah Bantul. Tim asesor beserta jajarannya sampai di SDUA Bantul sekitar pukul 17.36 WIB disambut oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bantul, Drs. Sukrisna Dwi Susanta, M.Si., Kepala Bidang Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bantul, Bambang Agus Subekti, SKM MPH, serta Kepala SDUA Bantul, Suwardi, M.Pd. beserta tim akreditasi Iqra Library. Visitasi diawali dengan berkeliling menuju layanan-layanan yang dimiliki Iqra Library diantaranya halte literasi, tangga literasi, angkringan literasi, layanan anak, taman literasi, layanan go book, dan berakhir di layanan yang terdapat di dalam gedung utama Iqra Library. Ketika memasuki gedung utama, tim asesor disambut dengan pertunjukan musikalisasi puisi siswa-siswi SDUA Bantul di panggung ekspresi kemudian dilanjutkan dengan pengenalan layanan serta fasilitas di dalam gedung utama Iqra Library.

Akhir dari rangkaian visitasi akreditasi perpustakaan tersebut, harapannya Iqra Library mampu memperoleh hasil yang maksimal serta dapat bermanfaat untuk civitas akademika di SD Unggulan Aisyiyah Bantul dalam memajukan dan mengembangkan ilmu pengetahuan serta bermanfaat untuk masyarakat sekitar.

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Jalan Wakhid Hasyim No. 60
Sanggrahan Ringinharjo Bantul
Yogyakarta 55713

Visitor Counter

Login

Iqra Library SD Unggulan Aisyiyah Bantul © 2022. All rights reserved.